Saya dan Menulis

“I write to give myself strength, i write to be the characters that i’am not. I write to explore the things i’m afraid of”Joss Whedon

Menulis adalah salah satu hobi saya yang paling saya sukai- selain tidur , makan, ngelamun, main game, denger lagu dan mikirin hal2 gak penting.

“If i don’t write to empty my mind, i go mad” – Lord Byron

Menulis itu buat saya seperti melepaskan unek-unek yang ada dikepala. Bisa ide cerita, atau bener-bener cuma pelepasan aja. Biarpun yang ditulis mungkin gak relevan sama masalah yang saya hadapi, tapi seenggaknya ada yang keluar dari pikiran saya.

“a professional writer is an amateur who didn’t quit” – Richard Bach

Cita-cita saya, suatu hari nanti saya akan menjadi penulis full time. Bisa menghasilkan uang dari menulis, dan bahkan menjadikan menulis sebagai kerjaan . Tapi kapan ya..

“every writer i know has trouble writing” – Joseph Heller

Di satu sisi saya tau banyak ide-ide saya yang lumayan briliant (berdasarkan ukuran saya sendiri lho ya), tapi disisi lain saya kesulitan dengan pengembangan cerita dan konsentrasi pada saat menulis.

“a writer is someone whom writing is more difficult than it is for other people” – Thomas Mann

Dan yang paling menyulitkan buat saya adalah, karena saya agak perfeksionis. Jadi tulisan saya harus sempurna, harus dapet feelnya, dan sesuai dengan harapan saya dan bisa diterima logika. Dan ini bener-bener nggak mudah, sempurna buat saya sendiri juga agak nggak jelas – karena standard saya biasanya berubah-ubah secepat angin, harus dapet feelnya ini berarti setiap kata harus ditulis secocok mungkin sehingga tulisan itu mengalir dan bisa mengantarkan apa yang saya maksud, bisa diterima logika- ini yang bikin saya mabok juga karena saya jadi kebanyakan research daripada nulisnya.

“good writing is supposed to evoke sensation in the reader, not the fact that it is raining, but the feeling of being rained upon” – E.L. Doctorow

Jadi gitu deh, kebanyakan semuanya ketunda-tunda. Boro-boro nulis cerita, nulis yang kaya gini aja ketunda terus. Karena pas mau nulis eh banyak gangguan (biasanya gangguannya adalah hobi saya yang lain hehe )

“a non-writing writer is a monster courting insanity” -Franz Kafka

Tapi thank God, karena kepala saya udah kepenuhan karena belakangan banyak masalah (terutama kerjaan), akhirnya saya sekarang nulis lagi buat ngeluarin unek-unek. Selain itu emang dari kemarin berasa pengen nulis, kemaren itu saya sadar kalau banyak banget hal yang bisa ditulis – terutama isi kepala saya yang nggak pernah berhenti mikir (karena saya tipe INTP). Seenggaknya sekarang pemikiran saya itu nggak sia-sia, ngga  cuma numpang lewat terus sehari lupa (karena saya pelupa), tapi bisa saya baca-baca lagi suatu saat nanti dan menjadi reminder buat diri saya sendiri 🙂

“one of the things that draws writer to writing is that they can get things right that they get wrong in real life” – Tobias Wolff

Awal mau nulis terus terang saya nggak ada ide apa-apa, tapi dari yang ngga ada apa-apa itu, dan cuma dari lagu yang saya denger, dan dengan mengetik satu dua kata akhirnya terbentuk juga tulisannya. Dan sekarang nggak bisa berhenti nulis padahal udah ngantuk >.<

“there is nothing to writing. All you do is sit down at a typewriter and bleed” – Ernest Hemingway

Intinya saya suka nulis 🙂

“I cannot say that i write with any social objective. One writes because one loves writing, really”Tom Stoppard

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s